RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Mata
Pelajaran : Sejarah
Peminatan
Kelas/Semester : XI/Ganjil
Materi Pokok
: Kerajaan-Kerajaan Besar Indonesia pada Masa
Kekuasaan Hindu-Buddha dan Islam
Alokasi Waktu : 4
Minggu x 4 Jam pelajaran @ 45 Menit
A. Kompetensi
Inti
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang
dianutnya
2. Menghayati
dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun,
responsif, dan pro-aktif dan menunjukkan
sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi
secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri
sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
3. Memahami,
menerapkan, dan menganalisis pengetahuan
faktual, konseptual, prosedural,
dan metakognitif berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan, kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural pada
bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan
masalah.
4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan
ranah abstrak terkait dengan
pengembangan dari yang dipelajarinya di sekolah secara mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.
B.
Kompetensi Dasar
1.1 Menghayati nilai-nilai peradaban dunia yang
menghargai perbedaan sebagai
karunia Tuhan yang Maha Esa
2.1 Mengembangkan
sikap jujur, rasa ingin tahu, tanggung jawab, peduli, santun, cinta damai dalam mempelajari
peristiwa sejarah sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
2.2 Menunjukan
sikap cinta tanah air, nilai-nilai rela berkorban dan kerja sama yang dicontohkan para pemimpin pada masa
pergerakan nasional, meraih dan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.
3.1
Menganalisis
sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang
berpengaruh pada kehidupan masyarakat
Indonesia masa kini.
Indikator
3.1.1
Mendeskripsikan
munculnya negara-negara kerajaan Hindhu-Buddha di Indonesia.
3.1.2
Mendeskripsikan
perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
3.1.3
Mendeskripsikan
sistem dan struktur sosial, ekonomi (perdagangan, tenaga kerja, penguasaan
tanah, pajak, dan transportasi) masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan
Hindu-Buddha.
3.1.4
Membandingkan
struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah.
3.1.5
Menganalisis
faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan - kerajaan bercorak Hindu-Buddha.
3.1.6
Mendeskripsikan
keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha di dalam masyarakat di daerah-daerah
tertentu setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Buddha.
3.2
Menganalisis
sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada
masa kerajaan-kerajaan besar Islam di
Indonesia yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
Indikator
3.2.1
Mendeskripsikan
proses dan latar belakang munculnya kerajaan Islam pertama di Indonesia muncul
di ujung utara Pulau Sumatera.
3.2.2
Membedakan
konsep kekuasaan di kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan-kerajaan
bercorak Islam .
3.2.3
Mendeskripsikan
struktur birokrasi, hubungan
pusat-daerah, dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam.
4.1
Menyajikan
warisan sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang
berpengaruh pada kehidupan masyarakat
Indonesia masa kini, dalam bentuk tulisan dan media lain.
Indikator
4.1.1
Membuat
laporan tertulis hasil analisis mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi,
dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar
Hindu-Buddha yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
4.2
Menyajikan hasil identifikasi warisan sistem
pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada
masa kerajaan-kerajaan besar Islam di
Indonesia yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini, dalam
bentuk tulisan dan media lain.
Indikator
4.2.1
Membuat laporan tertulis hasil analisis
mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat
Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Islam yang berpengaruh pada
kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
C. Tujuan
Pembelajaran
Setelah
pembelajaran peserta didik dapat :
1.
Bekerjasama, konsisten, disiplin, rasa
percaya diri, dan toleransi dalam perbedaan strategi berpikir dalam memilih dan menerapkan strategi
menyelesaikan masalah dalam pelajaran
2.
Berprilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah, kritis dan disiplin dalam melakukan tugas belajar
3.
Bersikap tanggung jawab, rasa ingin tahu, jujur dan perilaku peduli
lingkungan dalam belajar
4. Mendeskripsikan
munculnya negara-negara kerajaan Hindhu-Buddha di Indonesia.
5. Mendeskripsikan
perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia.
6. Mendeskripsikan
sistem dan struktur sosial, ekonomi (perdagangan, tenaga kerja, penguasaan
tanah, pajak, dan transportasi) masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan
Hindu-Buddha.
7. Membandingkan
struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha di berbagai daerah.
8. Menganalisis
faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan - kerajaan bercorak Hindu-Buddha.
9. Mendeskripsikan
keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha di dalam masyarakat di daerah-daerah
tertentu setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Buddha.
10. Mendeskripsikan
proses dan latar belakang munculnya kerajaan Islam pertama di Indonesia muncul
di ujung utara Pulau Sumatera.
11. Membedakan
konsep kekuasaan di kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha dan kerajaan-kerajaan
bercorak Islam .
12. Mendeskripsikan
struktur birokrasi, hubungan
pusat-daerah, dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak Islam.
13. Membuat laporan
tertulis hasil analisis mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan
kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha
yang berpengaruh pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
14. Membuat laporan
tertulis hasil analisis mengenai sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan
masyarakat Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Islam yang berpengaruh
pada kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
D.
Materi Pembelajaran
Kerajaan :
1.
Kutai
2.
Medang Kemulan
3.
Tarumanegara
4.
Kediri
5.
Holing
6.
Singasari
7.
Melayu
8.
Bali
9.
Sriwijaya
10. Pajajaran
11. Mataram
Kuno
12. Majapahit
13. Tradisi
Hindu-Buddha
14. Samudra
Pasai
15. Malaka
16. Aceh
Darussalam
17. Demak
18. Banten
19. Mataram
Islam
20. Gowa dan
Tallo
Konsep
·
Sosial, ekonomi (perdagangan, tenaga kerja, penguasaan
tanah, pajak, dan transportasi) masyarakat pada masa kerajaan-kerajaan
Hindu-Buddha
·
Konsep kekuasaan di kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha dan
kerajaan-kerajaan bercorak Islam
Prinsip
·
Perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan
Hindu-Buddha di Indonesia
·
Sistem dan struktur sosial, ekonomi (perdagangan,
tenaga kerja, penguasaan tanah, pajak, dan transportasi) masyarakat pada masa
kerajaan-kerajaan Hindu-Buddha
·
Struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan
Hindu-Buddha di berbagai daerah
·
Faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan - kerajaan
bercorak Hindu-Buddha
·
Struktur birokrasi,
hubungan pusat-daerah, dan hukum di kerajaan-kerajaan yang bercorak
Islam
Prosedur
·
Keberlanjutan tradisi Hindu-Buddha di dalam masyarakat
di daerah-daerah tertentu setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Buddha
·
Proses dan latar belakang munculnya kerajaan Islam
pertama di Indonesia muncul di ujung utara Pulau Sumatera.
Kerajaan-Kerajaan Besar Indonesia pada Masa
Kekuasaan Hindu-Buddha dan Islam
· Sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat
Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha yang berpengaruh pada
kehidupan masyarakat Indonesia masa kini.
· Sistem pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat
Indonesia pada masa kerajaan-kerajaan besar Islam di Indonesia yang berpengaruh
pada kehidupan masyarakat
E.
Metode Pembelajaran
Pendekatan : Scientific Learning
Model Pembelajaran : Discovery Learning
(Pembelajaran Penemuan) dan Problem
Based Learning (Pembelajaran Berbasis
Masalah)/projek
F.
Media, Alat, Bahan dan Sumber Pembelajaran
Ø Media
:
Ø Worksheet atau lembar kerja (siswa)
Ø Lembar
penilaian
Alat/Bahan :
Ø Penggaris, spidol, papan tulis
Ø Laptop & infocus
Sumber
Belajar :
Ø Buku Sejarah
Wajib Siswa Kelas XI, Kemendikbud, tahun 2013
Ø e-dukasi.net
G. Langkah-langkah
Pembelajaran
1. Pertemuan Ke-1 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan tema sebelumnya, yaitu :
Materi
Sejarah Peminatan kelas X
Peradaban
awal masyarakat Romawi, Yunani,
Kreta, Inka dalam bidang iptek, pemerintahan, kepercayaan dan budaya
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang munculnya negara-negara kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem
perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan
transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
|
15 menit
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
tentang munculnya negara-negara kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem
perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi
pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
o Mendengar
o Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di
Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di
Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga
kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada
masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
|
Menanya
o Mengajukan pertanyaan tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di
Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di
Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga
kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada
masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya
:
|
Mengumpulkan Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o Menggunakan alat dan bahan
(ekxperiment),
o Mengamati obyek/kejadian,
o Mendemontrasikan tentang
o Memperagakan
o
Mengumpulkan informasi
tentang munculnya negara-negara kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem
perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan
transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
o Aktivitas
o Wawancara dengan nara sumber
o Membaca sumber lain selain
buku teks,
tentang munculnya negara-negara kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem
perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan
transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
o
Mendiskusikan
tentang munculnya negara-negara kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem
perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan
transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
o Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
o Saling tukar informasi
tentang :
munculnya negara-negara
kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara
kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi,
sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem
perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang data tentang munculnya
negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan
negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial
ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem
perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam
kegiatan sebelumnya.
o Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung.
o Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan :
tentang munculnya negara-negara kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan
Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem
perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan
transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha,.antara lain tentang :
|
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
o Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan
kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan
struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan
tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan
Hindu Budha.
o Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang munculnya
negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, perkembangan kehidupan
negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia, sistem dan struktur sosial
ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan penguasaan tanah, dan sistem
perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan – kerajaan Hindu Budha.
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
150
menit
|
Ø Penutup
Peserta didik :
o Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan pekerjaan
rumah.
o Mengagendakan materi yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
o Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan soal dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
15
menit
|
2. Pertemuan Ke-2 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan tema sebelumnya, yaitu tentang munculnya negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia,
perkembangan kehidupan negara-negara kerajaan Hindu-Budha di Indonesia,
sistem dan struktur sosial ekonomi, sistem perdagangan, tenaga kerja dan
penguasaan tanah, dan sistem perpajakan dan transportasi pada masa kerajaan
– kerajaan Hindu Budha.
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan
Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan
– kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam
masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
|
15 menit
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
tentang struktur birokrasi antara
kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab
runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha
di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha
o Mendengar
o Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu
– Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan –
kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat
setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
|
Menanya
o Mengajukan pertanyaan tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu
– Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan –
kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat
setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya
:
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o Menggunakan alat dan bahan
(ekxperiment),
o Mengamati obyek/kejadian,
o Mendemontrasikan tentang
o Memperagakan
o
Mengumpulkan informasi
tentang struktur birokrasi antara
kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab
runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu –
Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha
o Aktivitas
o Wawancara dengan nara sumber
o Membaca sumber lain selain
buku teks,
tentang struktur birokrasi antara
kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab
runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu –
Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha
o
Mendiskusikan
tentang struktur birokrasi antara
kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah, faktor-faktor penyebab
runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu –
Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan Hindu-Budha
o Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
o Saling tukar informasi tentang :
struktur
birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah,
faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha,
dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan
Hindu-Budha dengan
ditanggapi aktif oleh peserta didik dari kelompok lainnya sehingga
diperoleh sebuah pengetahuan baru yang dapat
dijadikan sebagai bahan diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan
metode ilmiah yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar
kerja yang disediakan dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti,
jujur, sopan, menghargai pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi,
menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang
dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang data tentang struktur
birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah,
faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha,
dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan
Hindu-Budha yang sudah dikumpulkan/
terangkum dalam kegiatan sebelumnya.
o Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung.
o Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan : tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di
berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan
bercorak Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah
runtuhnya kerajaan Hindu-Budha, antara
lain tentang :
|
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
o Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai
daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak
Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya
kerajaan Hindu-Budha
o Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang struktur
birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di berbagai daerah,
faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak Hindu-Budha,
dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya kerajaan
Hindu-Budha
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
150
menit
|
Ø Penutup
Peserta didik :
o Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan pekerjaan
rumah.
o Mengagendakan materi yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
o Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan soal dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
15
menit
|
3. Pertemuan Ke-3 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan tema sebelumnya, yaitu tentang struktur birokrasi antara kerajaan-kerajaan Hindu – Budha di
berbagai daerah, faktor-faktor penyebab runtuhnya kerajaan – kerajaan bercorak
Hindu-Budha, dan radisi Hindu – Budha di dalam masyarakat setelah runtuhnya
kerajaan Hindu-Budha
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam
di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta
kerajaan Samudera Pasai
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
|
15 menit
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
o Mendengar
o Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai latar belakang munculnya kerajaan Islam di
Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta
kerajaan Samudera Pasai untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari informasi.
|
Menanya
o Mengajukan pertanyaan tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam di
Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta
kerajaan Samudera Pasai yang tidak
dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan informasi
tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual sampai
ke pertanyaan yang bersifat hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas,
rasa ingin tahu, kemampuan merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran
kritis yang perlu untuk hidup cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya :
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o Menggunakan alat dan bahan
(ekxperiment),
o Mengamati obyek/kejadian,
o Mendemontrasikan tentang
o Memperagakan
o
Mengumpulkan informasi
tentang latar belakang munculnya
kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan
Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai
o Aktivitas
o Wawancara dengan nara sumber
o Membaca sumber lain selain
buku teks,
tentang latar belakang munculnya
kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan
Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai
o
Mendiskusikan
tentang latar belakang munculnya
kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan
Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai
o Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
o Saling tukar informasi
tentang :
latar
belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar,
Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan
diskusi kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan
dengan cermat untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai
pendapat orang lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan
mengumpulkan informasi melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan
kebiasaan belajar dan belajar sepanjang hayat.
|
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang data tentang latar
belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar,
Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai yang sudah dikumpulkan/ terangkum
dalam kegiatan sebelumnya.
o Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang berlangsung.
o Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat aturan,
kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir induktif
serta deduktif dalam menyimpulkan tentang latar belakang munculnya
kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar, Mataram, Ternate dan
Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai, antara lain tentang :
|
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
o Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan
Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai
o Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang latar
belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan Makassar,
Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi
masalah tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
150
menit
|
Ø Penutup
Peserta didik :
o Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan.
o Mengagendakan pekerjaan
rumah.
o Mengagendakan materi yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
o Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik yang selesai mengerjakan soal dengan benar
diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
15
menit
|
4. Pertemuan Ke-4 ( 4 x 45 menit )
|
Waktu
|
Ø
Pendahuluan/Kegiatan Awal
Guru :
o
Orientasi
·
Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk
memulai pembelajaran
·
Memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin
·
Menyiapkan fisik dan psikis peserta didik dalam mengawali kegiatan pembelajaran.
o Apersepsi
·
Mengaitkan materi pembelajaran yang akan
dilakukan dengan pengalaman peserta
didik dengan tema sebelumnya, yaitu tentang latar belakang munculnya kerajaan Islam di Indonesia, perkembangan
Makassar, Mataram, Ternate dan Tidore, dan peta kerajaan Samudera Pasai
·
Mengingatkan kembali materi prasyarat
dengan bertanya.
Mengajukan pertanyaan yang
ada keterkaitannya dengan pelajaran yang akan
dilakukan.
o
Motivasi
·
Memberikan gambaran tentang manfaat mempelajari pelajaran yang akan dipelajari.
Apabila materi ini dikuasai
dengan baik, maka peserta didik diharapkan dapat menjelaskan tentang konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha
dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia,
hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan
struktur Birokrasi Kerajaan Mataram
·
Menyampaikan tujuan pembelajaran pada pertemuan yang berlangsung
·
Mengajukan pertanyaan.
o Pemberian Acuan;
·
Memberitahukan materi pelajaran
yang akan dibahas pada pertemuan saat itu.
·
Memberitahukan tentang standar kompetensi,
kompetensi dasar, indikator, dan KKM pada pertemuan yang berlangsung
·
Pembagian kelompok belajar
·
Menjelaskan mekanisme pelaksanaan pengalaman belajar sesuai dengan langkah-langkah
pembelajaran.
|
|
15 menit
|
Ø Kegiatan Inti
Peserta didik di dalam kelompok belajar :
Mengamati
o Melihat (tanpa atau dengan
alat)
o Mengamati
o Membaca (dilakukan di rumah
sebelum kegiatan pembelajaran berlangsung),
tentang konsep kekuasaan Kerajaan
Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam
di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang
bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram
o Mendengar
o Menyimak,
penjelasan pengantar kegiatan
secara garis besar/global tentang materi pelajaran mengenai konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan
Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia,
hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan
struktur Birokrasi Kerajaan Mataram untuk melatih kesungguhan, ketelitian, mencari
informasi.
|
Menanya
o Mengajukan pertanyaan tentang konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan
Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia,
hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan
struktur Birokrasi Kerajaan Mataram yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau
pertanyaan untuk mendapatkan informasi tambahan tentang apa yang diamati
(dimulai dari pertanyaan faktual sampai ke pertanyaan yang bersifat
hipotetik) untuk mengembangkan kreativitas, rasa ingin tahu, kemampuan
merumuskan pertanyaan untuk membentuk pikiran kritis yang perlu untuk hidup
cerdas dan belajar sepanjang hayat. Misalnya
:
|
Mengumpulkan
Data(Eksperimen/Mengeksplorasi)
o Menggunakan alat dan bahan
(ekxperiment),
o Mengamati obyek/kejadian,
o Mendemontrasikan tentang
o Memperagakan
o
Mengumpulkan informasi
tentang konsep kekuasaan Kerajaan
Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam
di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang
bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram
o Aktivitas
o Wawancara dengan nara sumber
o Membaca sumber lain selain
buku teks,
tentang konsep kekuasaan Kerajaan
Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam
di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang bercorak
Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram
o
Mendiskusikan
o Mengulang
o
Mempresentasikan ulang
o Saling tukar informasi
tentang :
konsep
kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi
pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di
kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram dengan ditanggapi aktif oleh
peserta didik dari kelompok lainnya sehingga diperoleh sebuah pengetahuan
baru yang dapat dijadikan sebagai bahan diskusi
kelompok kemudian, dengan menggunakan metode ilmiah yang terdapat pada buku
pegangan peserta didik atau pada lembar kerja yang disediakan dengan cermat
untuk mengembangkan sikap teliti, jujur, sopan, menghargai pendapat orang
lain, kemampuan berkomunikasi, menerapkan kemampuan mengumpulkan informasi
melalui berbagai cara yang dipelajari, mengembangkan kebiasaan belajar dan
belajar sepanjang hayat.
|
Mengasosiasikan
o Berdiskusi tentang data tentang konsep
kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi
pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di
kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram yang sudah dikumpulkan/ terangkum dalam
kegiatan sebelumnya.
o Mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan dari hasil kegiatan/pertemuan sebelumnya mau pun hasil dari
kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi yang sedang
berlangsung.
o Menambah keluasan dan
kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi
dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang
bertentangan untuk mengembangkan sikap jujur, teliti, disiplin, taat
aturan, kerja keras, kemampuan menerapkan prosedur dan kemampuan berpikir
induktif serta deduktif dalam menyimpulkan tentang konsep kekuasaan Kerajaan
Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi pada kerajaan Islam
di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di kerajaan yang
bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram, antara lain tentang :
|
Mengkomunikasikan
o
Menyampaikan hasil diskusi berupa kesimpulan berdasarkan hasil analisis
secara lisan, tertulis, atau media lainnya untuk mengembangkan sikap jujur,
teliti, toleransi, kemampuan berpikir sistematis, mengungkapkan pendapat
dengan sopan
o Mempresentasikan hasil
diskusi kelompok secara klasikal tentang konsep kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur
birokrasi pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta
hukum di kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan
Mataram
o Mengemukakan
pendapat atas presentasi yang
dilakukan dan ditanggapi oleh kelompok yang mempresentasikan
o Bertanya atas presentasi yang dilakukan dan
peserta didik lain diberi kesempatan
untuk menjawabnya.
o Menyimpulkan
tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran
yang baru dilakukan berupa : Laporan hasil pengamatan secara tertulis
tentang konsep
kekuasaan Kerajaan Hindu-Budha dengan Kerajaan Islam, struktur birokrasi
pada kerajaan Islam di Indonesia, hubungan pusat dan daerah serta hukum di
kerajaan yang bercorak Islam, dan struktur Birokrasi Kerajaan Mataram
o Menjawab pertanyaan yang terdapat pada buku pegangan peserta didik atau
lembar kerja yang telah disediakan.
o
Bertanya tentang hal yang
belum dipahami, atau guru melemparkan
beberapa pertanyaan kepada siswa.
o Menyelesaikan
uji kompetensi yang terdapat
pada buku pegangan peserta didik atau pada lembar lerja yang telah
disediakan secara individu untuk mengecek penguasaan siswa terhadap materi
pelajaran
|
Catatan:
Selama pembelajaran
berlangsung, guru mengamati sikap siswa dalam pembelajaran yang meliputi
sikap: disiplin, rasa percaya diri, berperilaku jujur, tangguh menghadapi masalah
tanggungjawab, rasa ingin tahu, peduli lingkungan)
|
|
150
menit
|
Ø Penutup
Peserta didik :
o Membuat resume dengan
bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan
pembelajaran yang baru dilakukan.
o Mengagendakan pekerjaan
rumah.
o Mengagendakan materi yang
harus mempelajarai pada pertemuan berikutnya di luar jam sekolah atau
dirumah.
Guru :
o Memeriksa pekerjaan
siswa yang selesai langsung diperiksa. Peserta didik
yang selesai mengerjakan soal dengan
benar diberi paraf serta diberi nomor urut peringkat, untuk penilaian portofolio.
o Memberikan
penghargaan kepada kelompok yang memiliki kinerja dan kerjasama yang baik
|
|
15
menit
|
H. Penilaian
1. Jenis/teknik Penilaian:
a.
Sikap
-
Penilaian
Diri
-
Penilaian
Jurnal
-
Penilaian
Observasi
Mengamati kegiatan peserta didik dalam proses
mengumpulkan data, analisis data dan pembuatan laporan
-
Penilaian
Teman Sebaya
b.
Pengetahuan
-
Penugasan
Membuat laporan tertulis hasil analisis mengenai sistem
pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa
kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini.
-
Tes
Lisan
-
Tertulis
Uraian dan atau Pilihan Ganda
Menilai kemampuan peserta didik dalam menganalisis sistem
pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa
kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini.
c.
Keterampilan
-
Penilaian
Portofolio
Menilai laporan tertulis hasil analisis mengenai sistem
pemerintahan, sosial, ekonomi, dan kebudayaan masyarakat Indonesia pada masa
kerajaan-kerajaan besar Hindu-Buddha dan Islam yang berpengaruh pada kehidupan
masyarakat Indonesia masa kini.
-
Penilaian
Proyek
-
Penilaian
Unjuk Kerja
2. Bentuk Instrumen dan instrument
3. Pedoman Penskoran
Jenis/Teknik Penilaian
|
Bentuk Instrumen
dan Instrumen
|
Pedoman Penskoran
|
a. Sikap
|
Diri
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Jurnal
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Observasi
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Teman Sebaya
|
terlampir
|
terlampir
|
b. Pengetahuan
|
Penugasan
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Tes Lisan
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Tertulis Uraian dan atau PG
|
terlampir
|
terlampir
|
c.
Keterampilan
|
Portofolio
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Proyek
|
terlampir
|
terlampir
|
|
Unjuk Kerja
|
terlampir
|
terlampir
|
Jakarta,
14 Juli 2013
Mengetahui
Kepala
SMAN …………. Guru Mata
Pelajaran
…………………………………… …………………………………….
NIP/NRK. NIP/NRK.
Catatan Kepala Sekolah
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
.........................................................................................................................................................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar